Cara Tepat Terapkan Taman Zen di Rumah Minimalis

Konsep Taman Zen sejatinya adalah sebuah ajaran dari filsafat Budha yang memadukan antara keseimbangan, harmoni dan relaksasi. Menerapkan Taman Zen pada rumah Anda tentunya bisa membuat Anda lebih nyaman dan tenang di rumah tersebut. Untuk menerapkan Taman Zen di rumah minimalis, Anda bisa terapkan cara ini!
Poin Penting dalam Penerapan Konsep Zen
Sebelum Anda menerapkan konsep taman ini di rumah model minimalis, ada baiknya Anda perhatikan poin penting penerapan konsep Zen ini lebih dulu. Konsep Zen sebenarnya berbeda dengan konsep minimalis. Lebih tepatnya, minimalis adalah turunan dari konsep Zen. Konsep ini terapkan warna-warna natural seperti putih dan hijau dalam penerapannya.
Penerapannya juga cenderung monokrom, yakni bila lantai hijau, maka nyaris semua isi taman tersebut juga hijau atau menggunakan degradasi serupa. Konsep ini juga memiliki bentuk yang dinamis dan memiliki titik fokus di setiap sudutnya.

Trik Menerapkan Zen di Rumah

1. Pilihan dan Keseimbangan Warna

Seperti yang sudah disinggung tadi, untuk menerapkan Zen di rumah, Anda harus memilih warna-warna yang natural dan tenang di dalamnya. Sebab, konsep ini memiliki fokus pada ketenangan dan kedamaian. Anda bisa mengombinasikan dua warna yang selaras atau satu warna dengan tingkatan berbeda saja yang ada di taman itu dalam pemilihan tumbuhannya.

2. Atur Jarak Tanam

Selain itu, cobalah atur jarak tanam semua tanaman yang ada di taman Anda. Jarak adalah penentu dari pertumbuhan tanaman yang bagus meski lahannya sempit di rumah model minimalis. Berilah jarak pada setiap tanaman agar semua tanaman mendapatkan cahaya yang dibutuhkan untuk proses fotosintetis.
Selain itu, pengaturan jarak tanam ini juga sangat berguna untuk membuat taman tersebut tampak rapi dan tidak memberikan kesan sempit pada penerapannya. Jika Anda menanam terlalu rapat, yang ada bukan keseimbangan dan ketenangan yang didapatkan.

3. Elemen Alam yang Menenangkan

Bukan hanya di luar rumah saja Anda bisa menerapkan Taman Zen, di dalam rumah minimalis pun juga bisa. Anda bisa memasukkan beberapa jenis tanaman yang menghasilkan oksigen agar suasana jadi lebih segar. Anda bisa memilih tanaman apa saja. Namun, jangan memilih tanaman yang berbunga karena pemeliharaannya membutuhkan perhatian khusus.

Inspirasi Taman Zen

1. Taman Rumah Khas Jepang

Salah satu inspirasi Taman Zen yang bisa Anda terapkan di rumah model minimalis adalah yang khas Jepang. Caranya adalah dengan mengisi taman tersebut menggunakan material yang didominasi oleh batu alam, kerikil dan pasir. Susun semuanya sedemikian rupa dan padukan dengan lumut, rumput dan tumbuhan lain.

2. Taman untuk Rumah Modern

Selain itu, Anda juga bisa melihat inspirasi Taman Zen yang ada pada rumah modern yang menampilkan perpaduan antara rummput taman dan panel-panel pagar kayu yang memagari rumah. Ini adalah konsep Zen modern yang penerapannya menggunakan elemen seperti batu, kerikil dan batu pasir dan beberapa material lainnya.

3. Konsep Nuansa Kayu

Lalu, Anda juga bisa menerapkan Taman Zen dengan konsep kayu di rumah model minimalis. Seperti namanya, konsep ini memiliki elemen penyusun utama berupa kayu yang bisa dikombinasikan dengan unsur alam lain seperti batu kerikil. Jangan lupa, tambahkan tanaman berbagai rupa dengan porsi yang pas agar hasilnya sesuai.
Bagaimana? Penerapan Taman Zen di rumah minimalis bukan hal yang mustahil dilakukan, kan? Ada banyak konsep Zen yang bisa Anda terapkan di model rumah ini. Bila Anda bingung bagaimana cara menerapkannya, bisa minta bantuan pada yang sudah profesional seperti dari Arsitag saja.

News Reporter
shares